Rental mobil yogyakarta | Sendratari Ramayana Ballet-Drama dengan Tarian Jawa

Posted on

Sendratari Ramayana, atau Ramayana Ballet Candi Prambanan merupakan pertunjukan drama kolosal yang berupa seni tari tanpa dialog yang diadakan secara rutin di pelataran Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Dalam pertunjukan ini diceritakan kisah Ramayana hasil karya Walmiki yang diambil dari cerita legenda yang ditulis dalam bahasa Sansekerta. Cerita Ramayana adalah perjalan Rama dalam menyelamatkan istrinya Sinta yang diculik oleh raja Negara AlengkaRahwana. Cerita tersebut juga merupakan gambaran dari terjemahan relief yang terdapat di candi Prambanan.

Ramayana Ballet Candi Prambanan diselenggarakan secara rutin di komplek Candi Prambanan pada waktu malam hari, yaitu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu, dimulai pukul 19.30 – 21.30 WIB. Pertunjukan tersebut tidak menampilkan dialog sama sekali. Disini letak keunikannya, bahasa yang digunakan untuk menggambarkan jalannya cerita tersebut berupa gerakan seni tari yang dilakukan oleh para Sinden. Pementasan ini terbagi menjadi 4 babak, mulai dari penculikan Sinta- Anoman ke Alengka- Kematian Kumbakarna dan Rahwana dan kemudian diakhiri dengan kembali bersatunya Rama Shinta.

Pementasan Ramayana ballet Candi Prambanan tersebut terbagi menjadi dua pertunjukan, yaitu pertunjukan di bulan November – April di laksanakan di gedung pertunjukan Trimurti dan pertunjukan di bulan Mei – Oktober dilaksanakan di panggung terbuka atau open teater. Harga tiket yang tersedia pun beranekaragam, mulai dari Rp. 30.000- Rp. 350.000.

Untuk pemesanan tiket, alamat lengkap kantor serta lokasi pertunjukan adalah Jalan Raya Jogja – Solo Km 16 Prambanan Sleman,Yogyakarta 5557. Selain dapat disaksikan di komplek candi Prambanan, Ramayana Ballet juga dapat disaksikan di Purawisata Yogyakarta yang berada di Jalan Brigjen Katamso, sebelah timur Keraton Yogyakarta.

Comments

comments