RentCar Murah Yogyakarta | Komplek Candi Arjuna di Perbukitan Dieng

Posted on

Dataran tinggi Dieng, Wonosobo tidak hanya menawarkan wisata alamnya saja yang memukau, tapi juga wisata budaya. Kompleks Candi Arjuna merupakan Candi Hindu tertua di Jawa yang berlokasi di Dieng. Kompleks candi ini terdiri dari 5 candi yang meliputi Candi Arjuna, Candi Sembadra, Candi Puntadewa, Candi Semar dan Candi Srikandi. Kelima candi terbuat dari batuan andesit dan tidak memiliki relief yang banyak sebagaimana Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Saat ditemukan, Candi Arjuna ditemukan terendam dalam air rawa, berbeda sekali dengan kebanyakan candi yang umumnya terendam di dalam tanah. Proses pengeringan pun dimulai setelah 40 tahun kemudian. Saat ini, rumput hijau yang basah tumbuh subur di pelataran candi dan membuatnya bak permadani hijau, cantik sekali.

Selain itu, Kawasan wisata Dieng sendiri memiliki 8 kompleks candi, dimana salah satunya adalah Kompleks Candi Arjuna. Dari pelataran kompleks ini, terdapat jalan setapak yang terbuat dari batu alam yang akan mengantarkan wisatawan kepada magnet lain dari Dieng dimana wisatawan akan menjumpai Kompleks Candi Gatotkaca yang terdiri dari Candi Gatotkaca, Candi Setyaki, Candi Nakula, Candi Sadewa, Candi Petruk, dan Candi Gareng. Di areal ini, terlihat delman-delman yang berjajar rapi. Di bagian lain, tenda warna-warni ikut berjajar, melayani wisatawan yang ingin membeli souvenir, makanan dan minuman, seperti Buah Carica, Terung Belanda, kentang dan kerupuk khas Dieng.

Tidak jauh dari Kompleks Candi Gatotkaca, terdapat museum yang bernama Museum Kaliasa. Di museum ini tersimpan berbagai artefak dan benda peninggalan sejarah berupa arca dan batu. Selain itu, terdapat juga arca Siwa berkepala tiga yang disebut Siwa Trisirah, yoni, lingga, dan berbagai informasi mengenai budaya dan kehidupan masyarakat Dieng. Satu informasi yang paling menarik adalah keberadaan anak gimbal.

Kawasan Dieng memiliki areal parkir yang luas dan banyak warung kecil yang menyediakan makanan, cemilan khas Dieng, komoditi khas Dieng seperti carica dan kentang, dan souvenir. Kompleks Candi Arjuna cukup sering dipadati pengunjung. Oleh karena itu, pengunjung bisa lebih leluasa menikmati keindahan candi-candi Dieng, sebaiknya datanglah pada pagi-pagi sekali. Lokasi Dieng yang berada di ketinggian 2039 meter di atas permukaan laut membuat suhu udaranya relatif dingin. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat seperti jaket dan syal.

Kompleks Candi Arjuna merupakan titik awal untuk menjelajahi serangkaian objek wisata di Dieng. Adapun candi ini tidak dijaga oleh petugas, sehingga wisatawan bebas untuk mengamati dari dekat, memasukinya, bahkan menyentunya. Meskipun begitu, hendaknya wisatawan tidak membuang sampah sembarangan apalagi melakukan perusakan terhadap candi. Waktu terbaik untuk mengunjungi Dieng adalah pada saat musim non hujan, agar wisatawan bisa menyaksikan birunya langit Dieng dan pesona matahari terbit di Bukit Sikunir. Terbayang indahnya bukan?

Comments

comments