Sewa Mobil Murah Jogja | Keeksotisan Candi Borobudur dan Keindahan Panoramanya

Posted on

Nama Candi Borobudur tentu sudah tidak asing lagi kita dengar, candi ini dikenal sebagai candi Budha terbesar di Indonesia bahkan di seantero dunia. UNESCO juga telah menetapkannya sebagai salah satu situs warisan dunia sejak tahun 1991. Selain menjadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur juga menjadi salah satu tempat wisata murah yang menarik banyak perhatian wisatawan domestik dan juga mancanegara.

Keeksotisan Candi Borobudur dan Panoramanya.

Candi Borobudur memiliki luas  wilayah 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar di puncaknya. Relief yang terpahat di dinding candi terbagi menjadi 4 kisah utama yakni Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awadana, serta Gandayuda. Untuk mengikuti alur jalinan kisah yang terpahat pada dinding candi, pengunjung harus berjalan mengitari candi searah jarum jam atau yang dikenal dengan istilah pradaksina. Masuk melalui pintu timur, berjalan searah jarum jam agar posisi candi selalu ada di sebelah kanan, hingga tiba di tangga sebelah timur dan melangkahkan kaki naik ke tingkat berikutnya. Hal ini dilakukan berulang-ulang hingga semua tingkat terlewati dan berada di puncak candi yang berbentuk stupa induk.

Keeksotisan Candi Borobudur

Di kompleks Candi Borobudur ini terdapat dua museum yaitu Museum Samudera Raksa dan Museum Karmawibhangga. Museum Samudera Raksa berisikan berbagai koleksi dan informasi mengenai sejarah perdagangan Asia – Afrika pada zaman dahulu, sedangkan Museum Karmawibhangga berisikan informasi mengenai pembangunan Candi Borobudur. Tak hanya bangunan candi yang menarik perhatian semua pengunjungnya, namun juga pemandangan alam di sekitarnya. Di sebelah selatan candi terdapat Bukit Manoreh yang jika dilihat bentuknya menyerupai seseorang dalam posisi tidur. Selain Bukit Manoreh, masih ada Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi yang mengelilingi bangunan megah ini.

beautiful sunset in borobudur temple

Satu hal yang jangan pernah dilewatkan adalah menyaksikan Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset dari atas candi borobudur. Siraman cahaya mentari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa. Sedangkan berdiri di puncak candi di kala senja bersama deretan stupa dan menyaksikan sinar matahari yang perlahan mulai lindap akan menciptakan perasaan tenang dan damai.

Comments

comments