Pantai timang gunung kidul

Pantai timang gunung kidul – termasuk salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai macam daerah. Para pengunjung yang sudah menyaksikan langsung wahana pantai timang pasti akan terkesima dengan pemandangan alam yang disuguhkan. Berupa pasir putih yang terhampar bersih di sepanjang pesisir pantai. Tumbuhan pandan juga tumbuh dengan subur yang menambah keindahan panorama Pantai Timang Gunung Kidul. Seluruh keindahan alam dan pemandangannya di pantai ini masih sangat alami dan juga sejuk untuk dinikmati. Pemandangan yang disuguhkan dari bagian barat pantai ini merupakan batu-batuan yang cukup besar yang berada di pinggir pantai. Dengan demikian, pantai bagian barat ini dikenal dengan Batu Panjang atau Pulau Timang.

Lihat juga Video Kami :

Pantai Timang Gunung Kidul, Wisata yang Memacu Adrenalin
Pantai Timang Gunung Kidul, Wisata yang Memacu Adrenalin

Lokasi Pantai Timang

Pantai Timang, berada tepat di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Jawa Tengah. Pantai ini juga berada di sebelah barat Pantai Nglambor, Pantai Jogan, serta Pantai Siung atau di sebelah timur sejajar dengan Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal, dan juga Pantai Ngetun. Jarak dari Kota Wonosari ke Pantai Timang kurang lebih sekitar 35 km.

pantai timang gunung kidul

Timang punya ciri khas yang bisa dikatakan mirip dengan Pantai Gunungkidul yang lainnya. Dengan hamparan pasir berwarna putih dan juga banyaknya tumbuhan pandan menjadikan pantai ini tampak begitu asri dan sejuk. Tak hanya itu saja, anda juga dapat menemukan berbagai macam biota laut. Disini ada pulau karang yang letaknya 200 meter ke arah barat yang tampak menawan.

Kereta Gantung Pantai Timang

pantai timang gunung kidul

Pulau Timang Gunungkidul ini memang tidak seperti pulau pada umumnya yang berupa tanah dengan pesisir yang dilengkapi dengan pasir dan juga dihuni oleh penduduk. Akan tetapi, Pulau Timang Gunungkidul ini hanyalah sebatas bongkahan batu karang yang ukurannya besar dengan tebing yang curam. Untuk bisa sampai di Pulau Timang ini, wisatawan harus memakai semacam gondola tradisional atau disebut dengan kereta gantung. Yang pastinya terbuat dari kayu dan bambu yang dirangkai dengan tambang plastik yang kuat. Jadi bisa menopang berat badan seseorang yang kemudian akan ditarik dengan tenaga manusia. Dengan begitu gondola tersebut bisa bergerak ke arah Pulau Timang.

Dari Pantai Timang, jarak luncur memakai gondola ini kurang lebih 50 sampai dengan 100 meter. Sebab teknologi yang dipakai juga masih sederhana, terbatas dan juga lintasan yang dilalui cukup mendebarkan. Harus ada mental yang kuat jika mau menyeberang ke sana. Sebab sepanjang peluncuran gondola tersebut hanya bisa menopang berat badan satu orang untuk tiba di Pulau Timang yang meluncur di atas lautan disertai dengan ombak yang besar. Diperlukan mental yang kuat apabila Anda hendak mencoba menyeberang ke pulau karang di Pantai Timang ini. Sebab sepanjang penyeberangan itu Anda akan meluncur sendirian dengan naik gondola yang memacu adrenalin anda.

Jembatan Gantung Pantai Timang

pantai timang gunung kidul – Selain gondola ada juga jembatan gantung. Untuk jembatan gantung ini pengelola meyakinkan keamanannya untuk wisatawan. Sebab pengunjung akan di lengkapi dengan peralatan pengaman serta pemandu pada saat hendak menyebrang. Bisa dikatakan hampir sama dengan kereta Gantung nya. Jika di kereta Gantung wisatawan hanya duduk saja dan di tarik oleh petugas. Akan tetapi wahana kereta Gantung ini sangat menantang adrenalin. Jadi para wisatawan yang takut naik kereta gantung bisa melewati jembatan gantung yang ada di sebelahnya ini.

Untuk anda yang ingin mengunjungi wisata Pantai Timang Gunung kidul dan sekitarnya, anda bisa menggunakan jasa dari jogja trans. Sebab Jogja Trans adalah solusi tepat untuk perjalanan wisata anda agar semakin terasa menyenangkan. Jogja Trans juga bersedia membawa anda berjalan jalan di wisata Gunungkidul sekitarnya.