Jogja adalah salah satu kota yang kaya akan wisata alam. Adapun salah satu wisata alam yang bisa anda temukan ketika berkunjung ke Jogja ialah Bukit Panguk. Bukti Panguk menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona dengan hawa udara yang sejuk. Pesona Bukit Panguk tersebut menjadikannya sebagai salah satu spot romantis di Jogja. Nuansa romantis bisa semakin terlihat ketika anda mengunjungi Bukit Panguk di pagi hari dan melihat sunrise. Sensasi sunrise Bukit Panguk tak ada duanya.

Bukit Panguk sebenarnya masih satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Dlingo. Anda akan dimanjakan dengan pesona sunrise Bukit Panguk yang memukau.
Bukit Panguk sebenarnya masih satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Dlingo. Anda akan dimanjakan dengan pesona sunrise Bukit Panguk yang memukau.

Bukit Panguk ini sebenarnya masih satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Dlingo. Pesona alam Bukit Panguk ini masih sangat asri dan hijau. Dijamin anda betah berlama-lama berwisata ke Bukit Panguk ini. Terlebih lagi, anda akan dimanjakan dengan pesona sunrise yang memukau di pagi harinya. Untuk anda yang ingin merasakan sensasi sunrise Bukit Panguk, ada baiknya anda simak dulu info lengkapnya berikut ini.

Sunrise Bukit Panguk

Sunrise Bukit Panguk tentu saja bisa anda nikmati di pagi buta. Apabila cuacanya sedang cerah, anda bisa merasakan kabut dan embun pagi yang begitu menyegarkan. Saat sunrise mulai muncul, anda juga bisa mengambil foto sebaik mungkin. Pasalnya, latar belakang sunrise memang membuat hasil jepretan terlihat sangat keren. Maka dari itu, anda jangan sampai lupa mengabadikan momen ini.

Anda juga bisa mendapatkan hasil jepretan sunrise yang memukau dengan memanfaatkan spot foto yang tersedia di Bukit Panguk. Kawasan wisata Bukit Panguk ini telah dilengkapi dengan gardu pandang yang menjorok ke arah tebing. Anda bisa berdiri di gardu pandang tersebut dan meminta teman anda untuk mengambil foto anda dengan background sunrise.

Perlu anda perhatikan, jangan gunakan gardu pandang Bukit Panguk tersebut secara bersamaan. Hal ini untuk menghindari gardu pandang akan roboh ataupun mengalami kerusakan akibat terlalu banyak muatan. Meski kokoh, ada baiknya anda gunakan spot gardu pandang Bukit Panguk tersebut secara bergantian.

Lokasi dan Rute Bukit Panguk

Bukit Panguk berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini berjarak sekitar 2 km dari Kebun Buah Mangunan. Wisata Bantul ini tepat berada di Puncak Bukit Batu Lawang. Untuk bisa menuju lokasi Bukit Panguk, ada beberapa rute yang bisa anda ikuti. Rute menuju Bukit Panguk tersebut terbilang mudah untuk dilalui, baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Meski begitu, anda tetap harus berhati-hati.

Apabila anda datang dari arah Yogyakarta, anda bisa langsung menuju ke jalan Imogiri Timur. Rute ini membawa anda menuju arah Kebun Buah Mangunan dan juga Hutan Pinus Dlingo. Setelah anda tiba di kawasan wisata tersebut, anda bisa langsung bertanya ke warga setempat mengenai lokasi Dusun Kediwung. Saat anda sampai di Dusun Kediwung tersebut, anda bisa ikuti papan petunjuk arah menuju Bukit Panguk.

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk

Bagi anda yang ingin memasuki kawasan wisata Bukit Panguk, anda hanya akan dikenai biaya tiket retribusi yang murah. Sementara untuk biaya parkirnya, anda dikenai tarif sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 5.000 untuk mobil. Di sekitar kawasan wisata Bukit Panguk ini telah tersedia banyak warung yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman. Tak hanya itu, wisata alam Bukit Panguk juga telah dilengkapi dengan gazebo yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat.